PERINGATAN  HUT IKAHI Ke-68

SECARA VIRTUAL

 

Rabu, 18 Maret 2021 Pengadilan Agama Ambarawa mengikuti kegiatan Silaturahmi Nasional secara virtual dalam rangka memperingati HUT IKAHI yang ke-68 bersama dengan pembina, pengurus dan anggota IKAHI yang bertempat di Pengadilan Negeri Ungaran.

Adapun tema yang diambil pada tahun ini adalah: "Solidaritas IKAHI dalam Mengawal Modernisasi Peradilan di Era Pandemi Covid-19 Menuju Peradilan yang Agung".

Ketua Mahkamah Agung RI dalam pembukaannya menyampaikan adanya peristiwa penyerangan terhadap kehormatan hakim, untuk itu kepada IKAHI diminta agar terus memperjuangkan UU Contempt of Court supaya tidak terjadi lagi tindakan-tindakan yang dapat merendahkan harkat dan martabat hakim.

Perbaikan kesejahteraan hakim juga menjadi salah satu pembahasan dalam HUT IKAHI Ke-68 secara virtual, menurut beliau PP Nomor 94 Tahun 2012 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Hakim yang berada dibawah Mahkamah Agung sudah selayaknya untuk direvisi dan diperjuangkan.

Ketua Mahkamah Agung RI juga mengingatkan bahwa panggilan 'Yang Mulia' yang ditujukan kepada hakim bukan untuk dibanggakan, namun harus menjadi pengingat bahwa kemuliaan jabatan hakim itu tidak diukur dari kewenangan dan kekuasaannya yang besar, melainkan diukur dari sikap dan perilaku hakim itu sendiri. Dalam kesempatan tersebut juga dihimbau agar hakim dilarang saling mengintervensi dan mengomentari perkara yang diadili oleh sesama hakim yang lain. Hakim harus membiasakan diri untuk tidak mengatakan semua yang dipikirkan jika itu akan menimbulkan gangguan bagi kemandirian hakim yang lain.

Please publish modules in offcanvas position.